You are here
Home > Family

Inilah Penyebab Bayi Sungsang Dalam Kandungan

bayi sungsang

Tavtaka – Selama masa kehamilan, ibu pasti ingin yang terbaik untuk buah hati. Bisa melahirkan dengan normal dan tidak terjadi kelainan apapun. Namun sayangnya apapun bisa terjadi selama masa kehamilan. Bisa dikarenakan faktor internal atau eksternal. Salah satu masalah yang sering terjadi adalah bayi sungsang. masalah ini bisa dialami oleh siapa saja. kondisi ini bayi tidak bisa lahir dengan normal. Karena kepala berada di sebelah atas atau kanan kiri perut ibu. Sedangkan menjelang melahirkan, posisi kepala harus berada di bawah menuju jalan lahir.

bayi sungsang

Apa Itu Bayi Sungsang

Saat menjelang melahirkan, kepala bayi di kandungan berada di bawah dekat jalur lahir.sehingga proses persalinan bisa dilakukan secara normal. Sedangkan sungsang, kepala bayi berada di bagian atas, sedangkan bokong dan kakinya berada di bawah lahir. Kondisi ini sulit untuk melahirkan secara normal. Anda bisa melihat kondisi ini setelah memasuki usia minggu ke 35-46. Pemeriksaanya dengan usg, bila kondisi sungsang. Bisa melakukan berbagai cara untuk mengatasi sungsang dan alternatif terakhir harus operasi caesar.

Jenis-Jenis Kehamilan Sungsang

Kehamilan sungsang dibagi menjadi tiga jenis yaitu :

  • Frank Breech atau bokong murni. kondisi di mana pantat bayi terletak di posisi bawah dekat jalan lahir. Sedangkan kaki sejajar dengan badan dan dekat kepala bayi.
  • Complete breech atau bokong sempurna. kondisi di mana pantat bayi terletak di posisi bawah jalan lahir dan keduanya kaki tertekuk dekat pantat bayi.
  • Footling breech atau presentasi kaki. Kondisi di mana satu atau dua kaki berada di bawah dan kepala diatas. Sehingga kaki akan keluar dulu dari jalan lahir.

Penyebab Kehamilan Sungsang

Penyebab kehamilan sungsang belum diketahui dengan pasti. Namun ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan kondisi ini terjadi, antara lain :

  • Kehamilan berulang atau kehamilan yang sudah terjadi kesekian kalinya. Sehingga kondisi rahim elastis dan membuat bayi bisa bergerak memutar lebih mudah
  • Kehamilan kembar
  • Ibu pernah mengalami kelahiran prematur atau lahir sebelum waktunya
  • Jumlah cairan ketuban terlalu sedikit atau terlalu banyak. cairan yang terlalu sedikit membuat bayi susah bergerak. Sedangkan cairan ketuban terlalu banyak, membuat bayi lebih banyak bergerak
  • Kondisi bentuk rahim yang tidak normal atau memiliki komplikasi lainya. Misalnya tumor rahim, fibroid rahim dan lainnya
  • Kelainan plasenta previa yaitu kondisi di mana plasenta secara sebagian atau keseluruhan menutupi mulut rahim
  • Usia ibu hamil masih terlalu muda atau terlalu tua

Cara Mengatasi Bayi Sungsang

Jika sebelum melahirkan sudah diketahui kondisi bayi sungsang. Anda bisa melakukan berbagai cara untuk membuat posisinya normal. Untuk metode medis bisa menggunakan cara eksternal cephalic version (ECV). Metode ini harus dilakukan oleh dokter spesialis kandungan atau bidan ahli. Tidak boleh dilakukan oleh sembarangan orang, yang belum tahu metodenya dengan benar,

Cara yang bisa dilakukan sendiri, bisa dengan olahraga, melakukan gerakan untuk menurunkan bayi turun ke jalan lahir dan lainnya. jika semua tindakan sudah dilakukan, namun belum berhasil jalan terakhir harus dilakukan operasi cesar. Karena operasi ini dianggap paling aman untuk melahirkan bayi yang sungsang.

oleh karena itu anda harus sering melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan atau bidan. Apalagi menjelang masa melahirkan. Supaya tahu seperti apa kondisi bayi anda. Apakah bisa lahir dengan normal atau mengalami bayi sungsang. Untuk penjelasan lebih lanjut cek artikel <https://www.generasimaju.co.id/bayi-sungsang-bagaimana-mengatasinya>.

Leave a Reply

Top