You are here
Home > Furniture

6 Tips Memilih Sofa Minimalis yang Cocok untuk Rumah Anda

sofa minimalis

Tavtaka – Sofa menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari rumah. Tidak hanya ditempatkan di ruang tamu, sofa juga bisa menghiasi ruang keluarga dan kamar tidur. Berbagai jenis dan ukuran sofa tersedia di pasaran. Mulai dari sofa minimalis, sofa dengan bentuk letter L, hingga sofa armchair. Anda bisa dibuat bingung ketika ingin membeli sofa karena pilihan yang begitu banyak dan beragam.

sofa minimalis

Memilih Sofa yang Cocok untuk Rumah

Tenang, tidak perlu bingung. Coba ikuti tips berikut ini ketika Anda memilih sofa.

1. Tentukan jenis sofa

Putuskan terlebih dahulu di ruangan mana Anda membutuhkan sofa. Sofa untuk ruang tamu berbeda dengan sofa untuk ruang keluarga dan kamar tidur. Anda bisa memilih sofa bed untuk ruang keluarga tapi tidak untuk ruang tamu karena bisa mengganggu desain interior ruang tamu anda. Untuk kamar tidur, tentu Anda tidak akan menggunakan sofa letter L dan lebih cocok menggunakan sofa armchair. Jika Anda sudah memutuskannya, lanjut ke tips selanjutnya.

2. Sesuaikan dengan ukuran ruangan

Tips yang kedua adalah sesuaikan ukuran sofa dengan ukuran ruangan. Jangan sampai Anda salah memilih ukuran sofa yang terlalu besar atau terlalu kecil. Sofa yang terlalu besar tentu tidak akan muat dan membuat ruangan menjadi sempit dan penuh. Memilih sofa yang terlalu kecil juga bukan keputusan yang tepat karena akan tersisa banyak ruang kosong.

Jika ruangan tersebut memiliki ukuran yang besar, pilihlah sofa dengan ukuran yang besar pula. Sofa minimalis bisa Anda pilih untuk ditempatkan di ruangan-ruangan yang tidak terlalu luas sehingga terlihat pas. Tidak kebesaran, tidak pula kekecilan.

3. Pilih warna dan motif yang cocok

Tips selanjutnya adalah pemilihan warna dan motif. Anda tentu menginginkan sofa yang bisa menyatu dengan konsep ruangan di rumah Anda. Oleh karena itu, Anda perlu memilih warna dan motif sofa yang cocok.

Untuk warna sofa, Anda bisa mempertimbangkan untuk memilih warna-warna ‘aman’ seperti krem, putih, atau abu-abu. Warna-warna tersebut adalah warna yang timeless. Sedangkan untuk motif, Anda bisa memilih sofa yang polos jika sudah menggunakan karpet bercorak. Kalau belum, Anda bisa memilih motif sesuai preferensi Anda. Yang penting, jangan sampai motif sofa tersebut membuat ruangan terkesan penuh.

4. Perhatikan material yang digunakan

Yang tidak kalah penting adalah memperhatikan material yang digunakan. Material sofa ini menjadi salah satu hal yang paling mempengaruhi harga sofa. Semakin mahal harga sofa tersebut, semakin bagus dan berkualitas material yang digunakan.

Anda bisa mempertimbangkan untuk memilih sofa yang menggunakan material yang mudah dibersihkan, terutama jika Anda memilih sofa dengan warna-warna cerah. Jika Anda memilih warna sofa berbahan kulit, pastikan kulit yang digunakan adalah kulit berkualitas baik sehingga tidak mudah mengelupas.

5. Rangka sofa

Tips yang kelima adalah memilih rangka sofa yang kuat. Ada sofa yang menggunakan rangka dari kayu, plywood, ada juga yang dari besi. Masing-masing material rangka memiliki kekuatan yang berbeda-beda.

Besi lebih kuat dari kayu. Namun sifatnya yang kaku membuat sofa dari material rangka besi tidak memiliki banyak model dan variasi. Kayu lebih kuat dibandingkan plywood. Namun sofa dari rangka plywood harganya lebih murah daripada menggunakan material lainnya.

6. Garansi

Jangan lupa tanyakan garansi sofa yang Anda pilih. Selain untuk berjaga-jaga dari adanya kerusakan yang tidak disadari, juga bisa menjadi jaminan ketahanan sofa. Jangan sampai Anda membeli sofa dengan harga murah tanpa garansi tapi sebulan kemudian sofa sudah jebol dan rusak.

Nah, itulah enam tips memilih sofa yang sebaiknya Anda tahu. Apapun jenis sofa yang Anda pilih, baik sofa minimalis maupun sofa letter L dengan ukuran besar, Anda bisa menerapkan keenam tips tersebut ketika bermaksud membeli sofa.

Leave a Reply

Top