You are here
Home > Informasi

6 Fakta Menarik Tentang Nasi Lemak

nasi lemak

Tavtaka – Siapa yang hobi makan nasi lemak? Menu makanan khas Melayu ini memang selalu menggoda selera. Cita rasanya yang gurih dengan ragam lauk-pauk dan pedasnya cocolan sambalnya, membuat siapapun tidak sanggup untuk menolak pesonanya.

Buat kamu para pecinta kuliner dari Melayu ini, ada fakta-fakta menarik tentang makanan kesukaan kamu ini. Apa saja fakta menariknya? Berikut uraian selengkapnya.

nasi lemak

1. Termasuk dalam 10 makanan tersehat internasional

Percayakah kamu, makanan yang berasal dari nasi ini pernah masuk 10 besar makanan tersehat tingkat internasional? Yap, hal itu benar adanya. Tahun 2016 lalu, menu ini masuk dalam daftar 10 sarapan tersehat internasional versi majalah Time.

Mungkin kamu menjadi salah satu orang yang kaget dengan fakta ini. Menurut beberapa kalangan, masuknya menu nasi dengan kalori hampir 1.000 ini sah-sah saja karena makanan ini memiliki kadar karbohidrat dan protein yang seimbang, apalagi jika dibandingkan dengan menu makanan Amerika yang lebih tidak menyehatkan.

2. Disebut dalam sebuah buku tahun 1909

Menu makanan khas Melayu ini sudah lama dikenal oleh masyarakat. Sekitar tahun 1909, nasi lemak disebut dalam sebuah buku yang ditulis oleh Sir Richard Olof Winstedt dengan judul “The Circumstances of Malay Life”.

Dalam buku tersebut dijelaskan bahwa menu ini merupakan makanan khas Malaysia dan menjadi salah satu warisan budaya negeri jiran tersebut. Dengan adanya fakta ini, tentu membuat kita semakin sadar bahwa makanan khas Melayu ini sudah ada sejak lama sekali.

3. Asal mula namanya dari proses atau cara memasaknya

Nama menu ini berasal dari proses atau cara memasaknya. Apakah kamu tahu cara membuatnya? Cara memasaknya adalah dengan merendam nasi dalam santan kemudian nasi tersebut dikukus.

Kandungan lemak dalam santan akan keluar sehingga menghasilkan cita rasa nasi yang khas. Alih-alih dinamakan dengan nasi santan, makanan khas Melayu ini dinamakan dengan nasi lemak.

4. Setiap daerah memiliki varian yang berbeda

Menu makanan khas Melayu ini tidak hanya dimiliki oleh satu daerah saja. Banyak daerah di Indonesia dan negara-negara di Asia Tenggara juga menghidangkan makanan serupa. Meskipun memiliki nama yang sama, setiap daerah memiliki varian dan khasnya masing-masing.

Masyarakat Riau biasa menyajikannya dengan lauk seafood. Warga Medan tidak cukup dengan nasi, mereka juga menambahkan lontong medan pada menu ini. Sedangkan orang-orang India yang ada di Malaysia mencampurnya dengan kari.

5. Menjadi inspirasi varian burger di Singapura

Bosan dengan burger yang itu-itu saja, sebuah restoran cepat saji di Singapura berinovasi dengan menciptakan sebuah burger bercitarasa tradisional, yaitu burger dengan varian nasi lemak.

Banyak orang yang sudah mencoba menu ini memberikan pernyataan bahwa rasa burger varian baru tersebut memiliki rasa yang hampir mirip dengan menu aslinya. Tertarik mencoba?

6. Kandungan nutrisi setiap porsinya

Menurut health.family.my, dalam seporsi menu nasi lemak tanpa lauk pauk, terkandung 644 kalori. Kalau kamu menggunakan telur rebus sebagai teman bersantap, berarti ada tambahan 70 kalori. Sedangkan kalau telurnya digoreng, kalorinya bertambah sekitar 120-an kalori. Belum termasuk jika kamu menambahkan lauk lainnya sebagai teman bersantap.

Nah, itulah enam fakta menarik tentang menu makanan khas Melayu ini. Kalau kamu salah satu orang yang hobi mengkonsumsi makanan ini sebagai menu sarapan, makan siang, atau bahkan makan malam, ingat selalu untuk menjaga keseimbangan nutrisi antara karbohidrat dan protein dalam setiap porsinya.

Leave a Reply

Top