You are here

5 Bahasa Tubuh Kucing yang Menandakan Tengah Berolahraga

Tavtaka – Sebetulnya kucing itu tidak berbeda dengan manusia perihal kebutuhan olahraga. Anda bisa mengenalinya bahasa tubuh kucing yang kelebihan energi dengan mudah. Harap ingat. Jangan sampai Anda salah persepsi. Jangan pula bentak-bentak ketika kucing tengah melakukan hal-hal yang atraktif. Bagaimana cara kucing mengekspresikannya?

1. Tiba-Tiba Menabrak Benda

Seringkali kucing melakukan hal ini. Tindakan ini pasti akan membuat Anda kaget ketika pertama kali melihatnya. Namun ada juga kucing yang tidak suka berolahraga. Sukanya justru bermalas-malasan di sofa atau hanya minum susu. Kebanyakan kucing kampung justru sering menabrak benda terdekatnya secara tiba-tiba.

Misalnya begini. Di rumah Anda ada mainan anak-anak, seperti bola, robot-robotan, atau mainan lain. Suatu ketika Anda dan yang lainnya tengah menonton televisi. Tiba-tiba tanpa mengeong atau bersuara seperti biasanya kucing Anda langsung menabrak benda-benda itu. Kemudian memainkannya, memamahnya, dan sebagainya. Itu tandanya lagi olahraga.

2. Tiba-Tiba Melompat Tidak Jelas

Tidak ada petir, tidak ada sentakan, eh, tiba-tiba si kucing melompat. Setelah melompat-lompat, matanya seakan mengawasi sesuatu. Padahal tidak ada yang terjadi di sana. Pernahkah Anda mengalami hal seperti ini? Kalau iya, berarti kucing Anda tengah berolahraga. Dia memerlukan penyaluran energi dengan caranya sendiri.

Di dunia kucing itu ada yang namanya kucing nakal, kucing ramah, dan juga kucing biasa-biasa saja. Kucing yang nakal memiliki kecenderungan melompat lebih banyak dari kucing biasanya. Bahkan dalam hitungan hari, kucing ini akan menghabiskan waktu 40% untuk melompat sesuka hatinya.

Gambar terkait

3. Tiba-Tiba Mengincar Sesuatu

Kucing yang tengah kelebihan energi selalu bertindak lucu sekaligus aneh. Pernahkah kucing milik Anda berkelakuan begini? Padahal objek yang bergerak hanya kecil saja. Lalu tubuhnya menunduk. Kakinya bersiap-siap. Dia pun berlari secepat mungkin untuk mendapatkan targetnya. Bisa jadi targetnya hanya ujung kain yang melambai kena angin.

Kucing seperti itu pertanda kebutuhan nutrisi dalam tubuhnya terpenuhi. Kucing yang tidak aktif justru harus Anda perhatikan baik-baik. Selalu berikan makanan yang cukup, misalnya dengan menggunakan Whiskas yang sering digunakan oleh pecinta kucing. Ketika kebutuhannya terjamin dan sehat, maka dia pun kembali rajin berolahraga.

4. Bermain-main dengan Binatang Lain

Kucing merupakan salah satu makhluk yang paling berperasaan di dunia. Rajin menyapa tuannya dengan lembut, selalu memejamkan mata ketika dielus, dan lain-lain. Kucing juga memiliki cara tersediri ketika tidak ada yang mengajaknya bermain-main. Padahal dia sedang semangat dan sangat membutuhkan penyaluran energi.

Akhirnya dia pun memilih bermain dengan binatang lain. Katakanlah bermain dengan kadal. Kucing kampung sering sekali bertingkah laku begini. Dia tidak lagi lapar. Dia juga sebetulnya lagi kekenyangan. Akhirnya dia pun hanya main tangkap-gigit saja pada kadal itu. Bahasa tubuh ini juga kerap pergunakan untuk bermain dengan binatang lainnya.

5. Tiba-Tiba Mengagetkan Tuannya

Pernahkah Anda dikagetkan oleh kucing? Misalnya dia tiba-tiba saja melompat ke bahu Anda. Cara lainnya bisa dengan tiba-tiba menangkap kaki Anda yang bergerak dan menggigit-gigit. Kalau keadaannya begitu, ajaklah dia bermain. Biar tubuhnya sehat. Batasi durasi bermain sampai ada tanda-tanda kelelahan.

Sebagai tuan yang baik, setidaknya Anda harus memahami arti bahasa tubuh kucing seperti yang tertera di atas. Padahal kucing setiap hari mempelajari bahasa tubuh Anda. Jadi dia tahu ketika Anda marah padanya, ketika Anda sayang padanya, bahkan ketika Anda mengabaikannya. Sekarang gantian Anda yang balik mempelajari karakternya.

Leave a Reply

Top